Minggu, 06 Juli 2014

Hidup Sehat Dengan Daun Bayam

Manfaat Daun Bayam – Bayam atau ammaranthus spp adalah sayur yang kaya akan zat besi. Cocok untuk segala hidangan, serta memiliki banyak manfaat untuk tubuh. manfaat daun bayam salah satunya digunakan untuk menu progam diet, karena memiliki kandungan serat tinggi. Selain itu, kandungan dalam bayam dapat menaikan tekanan darah rendah. Pengolahan yang mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk tubuh sehat hanya dengan bayam.

Segala manfaat daun bayam berasal dari kandungan penting di dalamnya, berupa serat, Vitamin dan minerahl. Bayam juga mengandung senyawa kimia seperti asam folat dan flavonoid, bayam juga mempunyai sifat alkalinitis atau anti-inflamasi. Dalam 100 g bayam mengandung Energi 36 kal, Protein 2.5 g, Lemak 0.5 g, Karbohidrat 6.5 g, Serat 0.8 g, Kalsium 267 mg, Fosfor 67 mg, Besi 3,9 mg, Vitamin A 6.090 IU, Vitamin B1 0.08 mg dan air 86.9 g. banyaknya kandungan inilah yang melengkapi manfaat daun bayam untuk kesehatan.

Berikut manfaat daun bayam untuk tubuh dan sebagai obat tradisional

Manfaat Daun Bayam

  1. Mengkonsumsi bayam dapat menurunkan darah tinggi. Bayam adalah sayuran yang kaya akan , folat, kalium dan rendah sodium . Mempunyai tingkat mineral yang seimbang, mampu menstabilkan tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah, karena alirah darah menjadi lancar. [ Baca Juga : perawatkulit.blogspot.com ] 
  2. Dapat mencegah osteoporosit. Meminum secangkir jus daun bayam segar setiap hari akan memenuhi 200% kebutuhan tubuh akan vitamin K yang dibutuhkan tulang agar tidak keropos. Mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor dalam bayam juga dapat membantu menguatkan tulang.
  3. Manfaat daun bayam dapat mencegah diabetes, serta rutin mengonsumsi daun bayam membantu menstabilkan gula darah.
  4. Selain itu bayam dapat mencegah anemia. Kandungan zat besi dalam bayam membantu memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen keseluruh bagian tubuh.
  5. Daun bayam juga dapat menurunkan risiko kanker 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kulit dan kanker perut. Hal ini berkat kandungan vitamin A, C, serat, Asam Folat dan Flavonoid dalam bayam.
  6. Sebagai anti inflamasi sehingga cocok untuk penderita rheumatoid arthritis dan osteoarthitis. Selain itu manfaat daun bayam juga mengurangi resiko penyakit jantung dan mencegah pengerasan pembuluh darah.
  7. Meningkatkan kualitas pengelihatan karena vitamin A dalam bayam.
  8. Mengobati pendarahan gusi dengan meminum campuran jus wortel dan bayam. gusi berdarah yang di akibatkan karena kekurangan vitamin C akan diatasi dengan jus ini.

Manfaat Bayam Untuk Menaikan Darah Rendah

Ambil 3 genggam daun bayam yang masih segar. Kemudian bersihkan dan tumbuk daun bayam sampai halus. tambahkan 1 gelas air putih, lalu saring daun bayam yang telah di haluskan dan beri sedikit madu. Minum air ramuan tersebut 2 kali sehari selama 3 hari secara rutin, pagi dan sore.

Selain itu, manfaat daun bayam jika di jadikan jus dapat sebagai obat mengobati sembelit, mengurangi nyeri sendi, membantu anemia dan membantu menjaga kesehatan kulit, mengonsumsi jus bayam ada baiknya tidak menggunakan campuran gula, namun menggunakan madu alami.

SUMBER : perawatkulit.blogspot.com

Hidup Sehat Dengan Daun Bayam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi

0 komentar:

Posting Komentar