Senin, 07 Juli 2014

Rambutan Kaya Vitamin Menyehatkan Tubuh

Manfaat rambutan – buah rambutan atau Nephelium Laapaceum adalah buah yang kaya kan zat besi yang berperan mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. nutrisi lain dalam buah ini dapat menambah beragam manfaat rambutan untuk kesehatan, rambutan cocok untuk orang yang sedang menjalani program diet. karena mengandung serat, air dan rendah kalori, mengonsumsi buah ini dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti kanker. Limbah rambutan, berupa kulit dan biji juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Fakta kandungan gizi buah ini yang memberi segala manfaat rambutan untuk tubuh. rambutan kaya akan gula, mengandung fruktosa dan sukrosa,mempunyai kandungan rendah kalori dan banyak mengandung vitamin C dalam rambutan, diantaranya potasium, besi, vitamin A, kalsium, magnesium, natrium, zat Zicn, niasin, serat, dan protein. dalam seratus 100 g (3 buah) mengandung 69 kalori, karbohidrat 18.1 mg dan 59 mg vitamin. biji rambutan mengandung lemak dan polivenol, sedangkan kulit rambutan mengandung tanin dan saponin.

Macam Manfaat Rambutan 

Manfaat Buah Rambutan
Daging buah rambutan baik untuk diet, karena setiap 100 g rambutan mengandung 64 kalori. Jumlah kalri yang dibutuhkan oleh tubuh bervariasi, karena tergantung berat bada, jenis kelamin dan usia. Buah ini baik untuk diet karena kadar air dan serat yang cukup tinggi dalam buah rambutan dapat mengendalikan rasa lapar lebih lama. [ Baca juga di perawatkulit.blogspot.com ]

Manfaat Rambutan Untuk Diabetes
Buah rambutan adalah jenis buah yang rendah lemak, kalori yang ada di dalam rambutan sebagian berasal dari karbohidrat, ini baik untuk kalangan dan manfaat rambutan cocok di konsumsi oleh penderita kencing manis atau diabetes, karena rendah lemak.

Manfaat Rambutan Kaya Zat Besi
Manfaat rambutan adalah mencegah terjadinya pusing dan kelelahan akibat anemia. Itu di sebabkan di dalam buah rambutan mengandung zat besi yang di perlukan untuk tubuh menjaga darah agar tetap stabil.

Manfaat Rambutan Mencegah Kanker
Buah rambutan memiliki salah satu senyawa penting yang di kenal dengan Asam gallic. Senyawa ini bekerja seperti dinding pertahanan sistem kekebalan tubuh atau anti-oksidan yang melawan dan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, dan bermanfaat untuk melawan penyakit kanker. 

Manfaat Rambutan Untuk Ginjal
Manfaat Rambutan mengandung fosfor yang dapat membersihkan ginjal dari racun dan membantu dalam membangun, memelihara dan memperbaiki  jaringan sel dalam tubuh. sejumlah besar kalsium di bantu fosfor dapat melindungi gigi dan memperkuat tulang.

Selain itu manfaat  rambutan juga di ketahui mengandung mangan mineral tembaga dalam jumlah yang cukup untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Buah ini juga mengandung mangan yang dibutuhkan oleh tubuh mengaktifkan enzim.

Manfaat Rambutan Untuk Pengobatan

Disentri
Manfaat rambutan dapat dijadikan obat disentri. cara membuatnya bersihkan kulit rambutan, potong seperlunya, masukan kedalam panci dan rebus menggunakan 3 gelas air.  Biarkan mendidih dan airnya tersisa separuhnya. Lalu, saring dan minum 2 kali sehari dengan takaran ¾ gelas per minum.
Demam 
Sediakan 15 g kulit rambutan yang sudah dikeringkan, rebus dengan 3 gelas air dalam waktu 15 menit. Lalu, biarkan dingin dan saring. Minum 3 kali sehari dengan takaran 1/3 gelas per minum. Manfaat rambutan ini berkat kandungan air di dalamnya sehingga dapat menurunkan suhu tubuh.
Diabetes 
Kencing manis atau dibetes melitus dapat disembuhkan dengan manfaat rambutan, caranya Siapkan 5 biji rambutan, bersihkan dan goreng sangrai, lalu digiling atau ditumbuk sampai menjadi serbuk. Kemudian seduh dengan satu cangkir air panas, setelah dingin minum sekaligus, lakukan  1 – 2 kali sehari.

Rambutan Kaya Vitamin Menyehatkan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi

0 komentar:

Posting Komentar